RSS

Mengupas Soal Pentingnya Air Bareng Pak Bondan

29 Jun

Jakarta – Air jadi salah satu kebutuhan utama manusia. Tanpa air kehidupan manusia seperti timpang. Seperti tema live chat bersama Pak Bondan siang tadi, mengupas seberapa penting air dalam siklus harian kita. Yuk, simak info lengkapnya di sini!

Siang tadi, lagi-lagi kegiatan rutin live chatting bersama dengan pakar kuliner, Bondan Winarno dilakukan. Kali ini mengambil tema tentang ‘Air’, salah satu kebutuhan manusia yang cukup penting. Seperti biasa, Pak Bondan yang tampak segar dengan kemeja kotak-kotak birunya hadir tepat waktu di kantor detikcom meskipun baru saja mendarat dari Manado.

Sapaan hangat kepada detikers pun langsung dilontarkan memulai acara live chat siang tadi. Sejumlah pertanyaan seputar air sudah ‘banjir’ di forum kali ini. Pak Bondan dengan semangat menjawab pertanyaan dari ID putra_kali_bekasi tentang teori minum air yang seharusnya 8 gelas perhari tidak kurang, tergantung dengan aktivitas sehari-hari.

DonkAh, salah satu member yang cukup setia pun tak mau ketinggalan dalam livechat kali ini. “Apakah minum air putih bisa diselingi dengan minuman lain seperti jus buah, teh, atau kopi? dan apa pengaruhnya?” adalah salah satu pertanyaannya. Pak Bondan pun langsung menjawab pertanyaan tersebut, menurutnya air putih wahjib dikonsumsi sebanyak 2 liter setiap hari. Untuk minuman lain sifatnya hanya sebagai tambahan.

Tidak sedikit pula yang bertanya apakah air minum kemasan lebih baik dibandingkan dengan air biasa. “Tidak ada jaminan bahwa air kemasan lebih baik, diperlukan uji lab untuk meneliti kandungan (termasuk impurities) air,” jawab Pak Bondan kepada para detikers siang tadi.

Jika takut sering buang air kecil karena kebanyakan minum air putih, apalagi terbangun di malam hari saat tidur, Pak Bondan memiliki trik khusus untuk mengatasinya. “Saya sendiri berhenti minum pk 19 agar ketika tidur tidak terbangun karena mau pipis. Ada teori bahwa 4 jam pertama tidur harus nyenyak tanpa gangguan,” ujarnya.

Pak Bondan juga menjelaskan kalau manfaat minum air putih itu bukan menjadikan kulit mulus, melainkan menjadikan kulit kencang. “Tanda-tanda orang yang kekurangan air putih alias dehidrasi adalah kulit keriput, terlihat kering dan kusam,” jelas Pak Bondan.

Ada pertanyaan menarik dari ID siauwbubeng siang tadi “Apa sih Pak tanda-tanda kekuranan air?” pertanyaan ini langsung dijawab lengkap dan jelas oleh Pak Bondan. “Beberapa tanda kekurangan air (dehidrasi): air kencing berwarna kuning (tidak jernih), mulut kering, sulit fokus berpikir, dll. Harus diingat bahwa otak kita mengandung 85-90% air. Kalau kita kurang minum, dengan sendirinya otak juga kekurangan cairan, sehingga tidak dapat berfungsi secara maksimum.”

Wah, tanpa kita sadari air putih peranannya cukup penting bukan? Apalagi untuk Anda yang punya aktivitas cukup banyak dan yang bekerja di dalam ruangan ber-AC. Tanpa sadar live chat yang berdurasi lebih dari satu jam ini telah selesai. Live chat ditutup Pak Bondan dengan “Air adalah elemen yang penting bagi kehidupan. Mohon tidak bercanda tentang hal ini dan mulai serius tentang hal-hal yang juga serius. Bukan untuk saya, tetapi untuk Anda juga. Apa gunanya ikut live chatting bila hanya sekadar mendapat sapaan?”.

Yuk, minum air putih setiap hari. Dan pastikan tubuh terhidrasi dengan baik agar tetap sehat!

(eka/Odi)

 
Leave a comment

Posted by on June 29, 2011 in KULINER

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: