RSS

IRF Undang Big Mountain “Ini Merupakan Mujijat”

02 May

BAGI kalangan Reggaemania, nama Big Mountain sudah tidak asing lagi. Tanggal 21 Mei 2011 mendatang, penyanyi berambut gimbal asal Amerika ini dipastikan menghibur para Reggaemania yang ada di bumi nusantara ini. Acara digelar Indonesia Reggae Fest (IRF) di Pekan Raya Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat ini, merupakan yang pertama kali.

“Ini merupakan mukjijat, karena sepuluh tahun lalu, kita pernah merencanakan acara akbar ini. Tapi gagal, gara-gara sesuatu hal,”ujar Steven Jam ‘eks vokalis Steven and Coconut Tree saat konfrensi press, di Gedung Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan.

Secara jujur, Steven Jam yang akrab disapa Tepenk ini mengakui bahwa tanpa Bang Boy rasanya sulit mewujudkan impian anak-anak Reggae untuk mengundang bintang tamu sekaliber Big Mountain yang cukup familier dengan lagunya yang populer yakni, “Baby I Love You“.

Kini, harapan itu sudah ada di depan mata. Panitia penyelenggara juga tidak mau kecolongan. Berbagai persiapan mulai dilkakukan. Tidak tanggung-tanggung, mereka terus menggeber kecepatan, karena para panitia harus berlomba dengan waktu.

Para panitia sepakat, bahwa acara yang dimotori oleh Bang Boy ini harus sukses. Untuk meraih kesukesan itu, tidak ada kata lain, terkecuali para panitia harus bergandengan tangan untuk mewujudkan impian para Reggaemania.

Mereka bekerja siang dan malam di Gedung Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan. Dan langsung di bawah pantauan Bang Boy yang belakangan ini mulai disebut-sebut sebagai “Bapak Reggae Indonesia’”.

Di kalangan Reggaemania, mungkin masih banyak yang belum mengenal Bang Boy secara akrab. Padahal pria asal Sumatera Selatan ini, adalah ‘penggila’ berat musik Reggae. “Sejak SMP saya sudah senang mendengar musik Reggae. Jadi bagi saya, musik Reggae tidak asing lagi,”katanya ketika ditemui wartawan majalah SR, di kantornya bilangan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Ada beberapa alasan mengapa Bang Boy begitu menggandrungi musik Raggae. Pertama musiknya dapat dikalaborasi dengan jenis musik daerah. Kedua, liriknya penuh dengan pesan-pesan moral.

“Sebenarnya musik Reggae ini sangat pontensui untuk dikembangkan di Indonesia. Tapi yang membuat hati saya miris, kenapa musik Raggae di Indonesia masih dianak tirikan. Bahkan hanya dilirik sebelah mata. Inilah yang melecut hati saya untuk mengangkat jenis musik Reggae ini dapat disejajarkan dengan musik lainnya,”jelas Bang Boy.

Berangkat dari rasa prihatin itulah, Bang Boy mengundang beberapa musisi Reaggae ternama di tanah air dan setelah menemukan kata sepakat, akhirnya Indonesia Reggae Fest (IRF) digelar di Pekan Raya Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat 21 Mei 2011 mendatang.

Reggae Indonesia

Dalam gelaran Indonesia Reggae Fest (IRF) tahun ini, selain menggaet Big Mountain sebagai bintang tamu, “Jenderal” BNR Production, Bang Boy ini juga menghadirkan bintang tamu dari dalam negeri, yakni penyanyi balada Iwan Fals dan penyanyi dangdung Aida Zaskia. Kedua penyanyi itu akan tampil dengan membawakan lagu reggae.

Menurut sang promotor IRF ini, semula pihaknya juga akan mendatangkan UB40 dari Inggris. Namun yang bersangkutan punya jadwal manggung di tempat lain. Walau begitu, IRF tetap akan semarak dengan kehadiran Big Mountain, Iwan Fals.

Sementara penyanyi Reggae yang sudah memberi konfirmasi tampil, yakni Tony Q, Shaggy Dog, dan Steven Jam ‘eks vokalis Steven and Coconut Tree. Panitia juga masih berupaya untuk mendatangkan Didi Kempot.”Khusus untuk Didi Kempot, kita akan coba kalaborasi antara musik Reggae dengan Gending Jawa. Saya yakin, kalaborasi ini akan mendapat sambutan dari para Reggaemania,”tuturnya kemudian.

Menyinggung tentang kalaborasi antara musik Reggae dengan musik entik daerah, Bang Boy akan menjadikan satu jenis musik, yaitu Reggae Indonesia. “Jika selama ini orang hanya tahu bahwa musik Reggae berasal dari Jamaika, tapi sekarang sudah ada Reggae Indonesia yang didalamnya ada beberapa jenis musik dari berbabagi etnik daerah,”jelasnya lagi.

Ke depan, musik Reggae Indonesia akan diperkenalkan ke seluruh dunia. Pertama langkah yang akan dilakukan adalah menjual Reggae Indonesia yang berkalaborasi dengan musik Jawa. “Musik ini akan kita jual ke Suriname dan Amerika. Jadi secara tidak langsung, Reggae Indonesia sudah ikut memperkenalkan keesenian daerah ke manca negara,”tambahnya.

Kembali ke soal IRF, Bang Boy mengatakan bahwa acara IRF ini nantinya akan diikuti 50 band Reggae dari seluruh tanah air. Mereka akan membawakan lagu-lagu daerah dengan irama Reggae. IRF akan menjadi ajang unjuk kemampuan para band reggae. Peserta juga akan menunjukkan, bahwa musik reggae hidup di seluruh Indonesia. “Selama ini, mereka memang kurang mendapat kesempatan tampil. Untuk itu, panitia akan berusaha menggelar IRF secara rutin,” ujar Bang Boy.

Menurut Bang Boy, IRF nantinya tidak hanya digelar di Jakarta. Bisa juga nantinya dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat, Semarang Jawa Tengah, atau Surabaya Jawa Timur. Penikmat musik Reggae seluruh Indonesia, harus bisa menikmati sajian dari IRF. Pada IRF pertama di Jakarta ini, selain menampilkan grup-grup reggae, juga akan dipamerkan barang-barang milik mendiang Mbah Surip, misalnya foto-foto, sepatu, sandal, topi, hingga gitarnya akan dipajang.

“Apa yang Bang Boy harapakan dari acara IRF ini,”tanya SR.

Tanpa ragu-ragu Bang Boy menjelaskan, bahwa dirinya tidak mengharapkan keuntungan dari acara itu. Meskipun dana yang harus dia kucurkan nanti sekitar Rp 2 milyar. “Niat saya hanya ingin membesarkan musik Reggae di tanah air. Saya ingin, “musik Reggae juga bisa menembus Istana Negara dan dapat dinikmati oleh para pejabat negara. Termasuk Presiden,”jelasnya.

Dengan diterimanya musik Reggae di kalangan Istana, Bang Boy merasa yakin bahwa image bahwa musik berambul gimbal ini identik dengan Narkoba dan Miras, terjawab sudah. Artinya, Reggae ke depan ‘ No Drag’. Tidak ada lagi tempat bagi pecinta musik Reggae yang gemar Narkoba dan Miras. Maruli Ardi Siregar

 
Leave a comment

Posted by on May 2, 2011 in HOOBY

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: