RSS

Jadilah Polisi Seperti Briptu Norman Kamaru

21 Apr

SIAPA yang tak kenal Briptu Norman Kamaru, polisi asal Gorontalo. Namanya melijit bak meteor. Bayangkan, dalam waktu singkat, Briptu Norman langsung dielu-elukan oleh masyarakat. Bahkan selama tiga pekan di Jakarta, waktunya nyaris tersita hanya untuk memenuhi undangan. Baik di beberapa stasiun televisi maupun menghibur sesama anggota Kepolisian.

Setiap kehadiran polisi yang terkenal lewat lipsync Chaiyya-Chaiyya ini, senantiasa disambut hangat. Masyarakat begitu mencintainya. Masyarakat merasa terhibur. Masyarakat merasa dekat dan akrab dengannya. Bahkan tidak sedikit pula warga yang merasa penasaran ingin melihat langsung gaya polisi “Indihe” tersebut.

Kepopuleran Briptu Norman Kamaru lewat “jalur” YouTube, memang bukan yang petama. Sebelumnya ada Sinta-Jojo. Dua cewek Bandung  ini ngetop lewat aksi lip-sync lagu Keong Racun. Lalu ada d Bona Paputungan yang namanya juga melasat lewat lagu Andai Aku Jadi Gayus Tambunan. Setelah itu baru, Udin Majnun dengan lagunya Udin Sedunia.

Jika dibandingkan dengan nama Sinta-Jojo, Bona Paputungan dan Udin Majnun, kehadiran Briptu Norman memang terasa luar biasa. Disetiap penampilanya, Briptu Norman selalu jadi rebutan masyarakat.

Briptu Norman tak hanya mampu menenggelamkan nama-nama Sinta-Jojo, Bona Paputungan dan Udin Majnun, namun dia juga bisa ‘menyihir’ setiap warga masyarakat yang menyaksikanya berakting . Bahkan para penonton juga ikut-ikutan meniru gaya Briptu Norman mengayun-ayunkan kepalan tangannya sambil turut menyanyikan  lagu Chaiyya-Chaiyya.

Inilah kedasyatan Briptu Norman. Berbeda dengan Bona Paputungan yang menyanyikan lagu Andai Aku Jadi Gayus Tambunan. Lirik lagu tersebut penuh kritik. Institusi Polri yang seharusnya mengawasi ‘sang mafia pajak’ Gayus Tambunan di Rutan Brimob Kelapa Dua, Depok, jadi ‘bulan-bulanan’. Nama institusi Polri ikut tercoreng akibat ulah Gayus Tambunan.

Kini, lagu Andai Aku Jadi Gayus Tambunan nyaris tak terdengar. Yang ada hanyalah Briptu Norman Kamarau yang menjadi selebritis dadakan. Padahal semua itu di luar dugaanya. Bahkan sebelumnya dia tidak pernah berpikir, bahwa suatu saat dia akan menjadi bintang di jagad tanah air ini, meskipun itu hanya sesaat.

Briptu Norman boleh saja menjadi bintang, meskipun bintang itu bakal redup. Briptu Norman sah-sah saja menjadi mercu suar yang setiap saat bisa padam. Namun ada sesuatu yang dapat kita petik dari kehadiran Briptu Norman, yaitu sosoknya yang sederhana. Tidak sombong dan selalu menebar senyum kepada semua orang.

Inilah yang membuat masyarakat merasa dekat dengan Briptu Norman. Ini pula yang membuat masyarakat betapa mengidolakan Briptu Norman. Artinya, ada kerinduan yang dirasakan oleh masyarakat selama ini. Lalu kerinduan masyarakat itu mampu diobati oleh seorang Briptu Norman.

Jika melihat kenyataan itu, rasanya kita dapat menarik benang merah. Masyarakat mengharapkan agar sosok polisi itu harus selalu dekat dengan rakyat. Karena, tugas pokok dan fungsi Polri sesuai UU No 2 tahun 2002 untuk tercapainya polisi yang profesional, bermoral dan modern, yaitu Polri harus menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, lalu menegakan hukum, serta memberi perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Sebagai Ketua LSM Gerakan Anak Bangsa Anti Korupsi (GEBRAK), saya mengharapkan Polri di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Timor Pradopo mampu mencetak polisi-polisi yang selalu dekat dengan rakyat. Sebab kesan yang tertangkap selama ini adalah rakyat takut dengan polisi.

Jangan biarkan polisi selalu memasang tampang angker di mata rakyat. Jelas inilah yang tidak dikehendaki oleh rakyat. Jadikanlah rakyat itu sebagai mitra kerja dalam mengungkap berbagai tindak kejahatan.

Kita sepakat, bahwa anggap jelek itu harus dilenyapkan dari perut bumi ini. Kita juga berharap agar Polri ke depan mampu melaksanakan tugasnya sesuai UU No 2 tahun 2002. Jadilah anggota polisi seperti Briptu Norman yang menjadi idola masyarakat. Bang Boy Ketua LSM GEBRAK


 
Leave a comment

Posted by on April 21, 2011 in LAPORAN UTAMA

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: